Image of ETIKA

BUKU TEXT KOLEKSI PERPUS

ETIKA



Sebagai refleksi atas moralitas perilaku manusia, etika mempunyai tradisi yang panjang. Di zaman kita sekarang, minat terhadap etika tidak berkurang, tapi justru bertambah besar, antara lain karena masalah-masalah moral baru yang ditimbulkan oleh ilmu pengetahuan dan teknologi. Apakah kita boleh memanipulasi kehidupan manusia (“bayi tabung”, eksperimen dengan embrio, rekayasa genetik, dan seterusnya)? Bagaimana tanggung jawab kita terhadap lingkungan hidup? Bukankah kita mempunyai kewajiban moral untuk mengubah pola perkembangan industri dan pola hidup perseorangan untuk dapat menyelamatkan lingkungan hidup? Apakah senjata nuklir masih dapat diterima sebagai sarana legitim untuk membela diri? Apakah energi nuklir tidak membawa risiko terlalu besar bagi masa depan manusia untuk dapat dipergunakan dengan tenang dan aman? Itulah contoh beberapa pertanyaan berat yang dihadapi etika sekarang ini.

Dalam buku ini, Prof. Dr. K. Bertens mengajak pembaca untuk menjelajahi seluruh wilayah etika. Pertama dibahas tema-tema klasik seperti: hati nurani, kebebasan, tanggung jawab, dan keutamaan. Lalu dibicarakan beberapa teori besar dari sejarah filsafat moral: hedonisme, eudemonisme, utilitarianisme, dan deontologi. Akhirnya, disajikan sekadar pengantar pada etika terapan, artinya, etika yang menyoroti bidang-bidang khusus seperti dunia kedokteran, praktik bisnis, lingkungan hidup, dan lain-lain.

Sebuah buku aktual yang sejalan dengan apa yang pernah disebut “Revival of ethics”, kebangkitan kembali etika yang menandai zaman kita.


Ketersediaan

B000118Q1170 BER eRAK KOLEKSI BUKU (1-F.3)Tersedia
B000118Q2170 BER eRAK KOLEKSI BUKU (1-F.3)Tersedia
B000118Q3170 BER eRAK KOLEKSI BUKU (1-F.3)Tersedia
B000118Q4170 BER eRAK KOLEKSI BUKU (1-F.3)Tersedia
B000118Q5170 BER eRAK KOLEKSI BUKU (1-F.3)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
170 BER e
Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
328 hlm. ; 21 cm ( Seri filsafat Atma Jaya; no. 15
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979 - 511 - 744 - 0
Klasifikasi
170 BER e
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
cetakan ke 5
Subyek
Info Detil Spesifik
Perwajahan dan sampul oleh Tim Desain GPU
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this