Image of TESIS - PERBEDAAN PENGARUH ANTARA INTERVENSI EDUKASI METODE INOKULASI DENGAN PILIHAN GAMBAR TERHADAP PERUBAHAN SIKAP MASYARAKAT PADA HOAKS VAKSINASI COVID-19 DI KABUPATEN GARUT

LAPORAN PENELITIAN

TESIS - PERBEDAAN PENGARUH ANTARA INTERVENSI EDUKASI METODE INOKULASI DENGAN PILIHAN GAMBAR TERHADAP PERUBAHAN SIKAP MASYARAKAT PADA HOAKS VAKSINASI COVID-19 DI KABUPATEN GARUT



Abstrak

Rendahnya penerimaan vaksinasi COVID-19 sebagai upaya pengendalian
penyebaran dan pencegahan penyakit masih menjadi salah satu fenomena yang

belum terselesaikan. Tingkat keyakinan masyarakat terhadap vaksinasi COVID-
19 tampak masih rendah dan bervariasi. Keyakinan perilaku yang salah akibat

serangan hoaks vaksinasi COVID-19 menimbulkan ketakutan, kecemasan, dan
keraguan pada program vaksinasi. Penelitian sebelumnya mengungkapkan sikap
terhadap hoaks vaksinasi COVID-19 secara signifikan mempengaruhi capaian
vaksinasi. Inovasi intervensi edukasi diperlukan untuk menghadapi serangan
hoaks vaksinasi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan
pengaruh antara intervensi edukasi metode inokulasi dengan pilihan gambar
terhadap perubahan sikap masyarakat pada hoaks vaksinasi COVID-19 di
Kabupaten Garut. Jenis penelitiaan ini adalah kuantitatif dengan pendekatan
Quasi Experimental Design. Terdapat dua kelompok subjek penelitian dengan
perlakuan edukasi metode inokulasi dan pilihan gambar. Pemilihan sampel tidak
secara acak melainkan secara kebetulan saja dengan cara melakukan home visite.

Jumlah sampel sebanyak 68 orang yang terbagi menjadi dua kelompok masing-
masing 34 orang. Hasil uji paired t-test nilai signifikasi dari edukasi metode

inokulasi (sig. = 0,000) dan edukasi metode pilihan gambar (sig. = 0,088) dengan
makna edukasi metode inokulasi efektif untuk meningkatan sikap masyarakat
pada hoaks vaksinasi COVID-19 sedangkan pilihan gambar tidak efektif. Hasil uji
independent t-test data posttest pada ke 2 kelompok memperoleh nilai signifikasi
0,000 (p-value < 0,05) dengan makna terdapat perbedaan yang signifikan antara
nilai sikap posttest pada ke 2 kelompok intervensi. Hasil penelitian ini dapat

menjadi bekal dan motivasi bagi masyarakat untuk menerima vaksinasi COVID-
19. Pembuat kebijakan dapat mengembangkan edukasi metode inokulasi sebagai

strategi untuk menghadapi serangan hoaks vaksinasi COVID-19 di masyarakat.
Kata kunci: hoaks vaksinasi COVID-19, sikap, edukasi metode inokulasi, edukasi metode pilihan gambar


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Fakultas Kperawatan Universitas Padjajaran : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
Dokumen Online
Tipe Media
Link Internet Online
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this