Image of Sunan Ampel - Biografi, Peran dan Ajarannya

BIOGRAFI

Sunan Ampel - Biografi, Peran dan Ajarannya



Sunan Ampel tercatat sebagai tokoh Walisongo yang berhasil menancapkan pengaruh ajaran islam secara perlahan namun pasti di kalangan masyarakat Jawa. Sunan Ampel merupakan arsitek Islamisasi yang sangat jeli dan cerdas dalam memanfaatkan tantangan menjadi peluang untuk mengislamkan tanah Jawa. Sebagai ''maha guru'' bagi para wali lain, pola dakwah yang digunakan oleh Sunan Ampel adalah pola "komunikasi kebudayaan".

Dengan strategi dakwah yang bersifat akulturatif, persuasif dan evolutif yang dilakukan Walisongo - khususnya Sunan Ampel - Islam menjadi lebi mudah dioahami dan diamallkan oleh masyarakat lokal yg baru mengenal Islam. Kebudayaan lokal tidak ditentang melainkan diakomonir dengan menyelipkan nilai - nilai Islam.

Buku ini menguraikan secara rinci jalan pikiran dan nilai- nilai ajaran yang diikembangkan Sunan Ampel, peranannya dalam aspek kehidupan agama, hingga sepak terjang yang dilakukan dalam proses transformasi sosial - politik di eranya. Perjuangan dakwah yang dilakukan Sunan Ampel yang bersifat holistik dan menyentuh hampir seluruh aspek kehiduoan tersaji dengan jelas di dalamnya.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Nuwaila Ahsana : Sidoarjo.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-98150-1-1
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
Tercetak
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this