Detail Cantuman
Advanced SearchEBOOK KEPERAWATAN
KETRAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PERAWAT BERPENGARUH PENINGKATAN KEPUASAN PASIEN - NURSE INTERPERSONAL COMMUNICATION SKILLS INFLUENCE THE INCREASING OF PATIENT SATISFACTION
ABSTRAK
Dalam praktek keperawatan, komunikasi merupakan sarana dalam membina
hubungan antara perawat dan pasien, dan dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien
terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan. Tujuan penelitian ini untuk mempelajari
pengaruh komunikasi interpersonal perawat terhadap tingkat kepuasan pasien di RS
Baptis Kediri. Desain penelitian ini adalah Cross Sectional dengan variabel independen
komunikasi interpersonal perawat dan variabel dependennya adalah tingkat kepuasan
pasien. Populasi penelitian ini pasien di IRNA Dewasa Kelas 3 RS. Baptis Kediri dengan
jumlah 96 pasien, dengan teknik sampling proposive sampling. Analisis menggunakan
uji statistik spearman’s rho dengan α ≤ 0,05. Hasil penelitian didapatkan komunikasi
interpersonal perawat adalah baik, sedangkan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan
keperawatan adalah sangat puas, uji statistik didapatkan p = 0,000 berarti ada pengaruh
komunikasi interpersonal terhadap tingkat kepuasan pasien di IRNA Dewasa Kelas 3 RS.
Baptis Kediri. Disimpulkan bila ketrampilan komunikasi interpersonal perawat tinggi
pasien akan semakin puas.
Kata kunci : Perawat, Komunikasi Interpersonal, Kepuasan, Pasien
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
-
|
Penerbit | STIKES RS Baptis Kediri : Kediri., 2012 |
Deskripsi Fisik |
12 hlm.; ebook
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
Jurnal STIKES RS Baptis Kediri
Volume 5. No. 2, Desember 2012
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Imam Hanafi
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain