Image of MAJALAH FOODREVIEW INDONESIA Vol. XV No. 2 Februari 2020

MAJALAH CETAK

MAJALAH FOODREVIEW INDONESIA Vol. XV No. 2 Februari 2020



Beverages: Beyond Thirst-Quenchers

Aneka tuntutan dan kebutuhan konsumen terhadap produk minuman terus bekembang. Tidak lagi sekadar mencari minuman untuk memuaskan dahaga saja, tetapi juga baik bagi kesehatan, mempunyai kandungan energi yang sesuai, sekaligus memberikan kesegaran dan kenikmatan ketika dikosumsi. Tuntutan konsumen ini disambut oleh industri dengan berinovasi mengembangkan aneka produk minuman yang menjanjikan untuk memberikan manfaat khas di luar fungsi tradisionalnya sebagai penghilang haus. Beyond Thirst-Quenchers.

Dalam kondisi saat ini, dengan kesadaran konsumen yang tinggi mengenai hubungan antara keamanan, mutu dengan kesehatan, maka industri perlu selalu berinovasi. Inovasi yang dilakukan dapat berkaitan dengan formulasi baru (ingridien dan rasa baru, fungsi baru), tampilan (bentuk, jenis) kemasan yang berbeda, hingga mengaitkan minuman dengan gaya hidup.

Salah satu tantangan mengenai hal ini adalah tentang kandungan gula pada produk minuman. Konsumen dan publik pada umumnya semakin mempunyai pemahaman yang lebih baik mengenai pengaruh konsumsi gula berlebih terhadap aneka penyakit tidak menular. Asupan gula berlebih berpotensi menyebabkan sistem insulin menjadi tidak mampu memetabolisme gula menjadi energi dengan baik, sehingga akan meningkatkan gula darah yang dapat bermuara pada meningkatnya risiko terjadinya kegemukan (obesitas) dan diabetes.

Diabetes yang tidak terkendali akan meningkatkan risiko terganggunya organ lain pada tubuh, misalnya jantung, ginjal dan lain-lain. Kesadaran ini mendorong konsumen mengubah pola konsumsi minumnya, dari konsumsi minuman bergula menjadi minuman tanpa gula, atau bergula rendah. Jelas di sini memunculkan tantangan bagi industri untuk melakukan reformulasi, berinovasi bagaimana memenuhi tuntutan konsumen tanpa kompromi dengan kualitas sensori, terutama rasa dan kenikmatan.

FOODREVIEW Indonesia edisi kali ini membahas beberapa hal terkait dengan tantangan dan peluang inovasi pada produk minuman. Ulasan terkait dengan kondisi umum industri minuman juga akan disajikan, terutama yang berkaitan dengan peta konsumen dan pasar industri minuman, khususnya pada era persaingan global yang cukup sengit.

Semoga informasi yang kami sajikan dapat bermanfaat dalam meningkatkan daya saing produk dan industri pangan Indonesia.


Ketersediaan

M70Q1M 70 2020RAK KOLEKSI BUKUTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - TIDAK DAPAT DIPINJAMKAN

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M 70 2020
Penerbit PT Media Pangan Indonesia : Bogor.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1907-1280
Klasifikasi
M 70 2020
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Vol. XV No. 2 Februari 2020
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this