Image of MAJALAH FOODREVIEW INDONESIA Vol. XIV No. 12 Desember 2019

MAJALAH CETAK

MAJALAH FOODREVIEW INDONESIA Vol. XIV No. 12 Desember 2019



Sustainability:
Food Packaging Challenges

Sustainable development is development that meets the needs of the present without compromising the ability of future generations to meet their own needs. Gro Harlem Brundtland

Berbagai negara, termasuk Indonesia, mempunyai komitmen untuk mecapai tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals, SDGs). Bidang pangan, termasuk industri pangan, mempunyai peran penting untuk mencapai tujuan ini. Dalam hal ini, industri pangan mempunyai tantangan besar, terutama dari aspek peningkatan populasi dan lingkungan.

Tantangan dari aspek peningkatan populasi; yang diperkirakan akan meningkat dari 7 menjadi 9 miliar pada tahun 2050, adalah bagaimana meningkatkan pasokan pangan untuk memenuhi kebutuhan yang akan meningkat secara signifikan. Tantangan ini semakin besar; terutama dengan adanya tantangan dari aspek lingkungan; di mana kondisi produksi pangan yang semakin memburuk; terutama berkaitan dengan berkurangnya ketersediaan dan menurunnya kesuburan lahan, serta keterbatasan air.


Sektor kemasan mempunyai peranan yang sangat penting bagi industri pangan; untuk mendukung upaya pencapaian SDGs. Peran penting kemasan ini terutama adalah dalam hal (i) memperpanjang masa simpan dan mengurangi kerusakan serta kemubaziran pangan (food loss and waste); sehingga mampu meningkatkan ketersediaannya, serta (ii) memastikan bahwa kemasan pangan menjadi lebih ramah terhadap lingkungan; sehingga tidak memperparah kondisi sistem produksi pangan. Selain itu, peran klasik pengemas pangan tetap harus bisa dipertahankan; terutama yang berkaitan untuk memastikan keamanan pangan.

Foodreview Indonesia edisi kali ini akan membahas berbagai peluang inovasi terkait dengan kemasan pangan, terutama untuk mendukung upaya industri pangan dalam kontribusinya pada pencapaian SDGs. Informasi lain terkait dengan berbagai isu mutu dan keamanan pangan, terutama tentang ingridien asam lemak tak-jenuh ganda, juga kami laporkan. Semoga informasi yang kami sajikan dapat bermanfaat dan menjadi referensi dalam meningkatkan daya saing produk dan industri pangan Indonesia.

Daftar Isi
Forum
Food info-lintas pangan

OVERVIEW
Mempertahankan Mutu Pangan

ASOSIASI
Geliat GAPMMI di SIAL Interfood 2019

Ingridien
PUFA sebagai Ingridien Pangan Fungsional

TEKNOLOGI
Aplikasi Nanoteknologi pada Pengemas Pangan
Aplikasi Time-Temperature Indicator pada Kemasan Cerdas Produk Pangan


KEAMANAN DAN MUTU
Kontrol Alergen dan Upaya Mengurangi Kontaminasi pada Industri Pangan
Manajemen Rantai Pasok Produk Pangan Halal
Validasi Proses Pembersihan Mikrobiologis dalam Industri Pangan

REGULASI
Penerapan ISO 23412 dalam Sistem Logistik Rantai Dingin
Regulasi Terkait Asam Lemak Tak Jenuh Ganda


Ketersediaan

M68Q1M 68 2019RAK KOLEKSI BUKUTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - TIDAK DAPAT DIPINJAMKAN

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M 68 2019
Penerbit PT Media Pangan Indonesia : Bogor.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1907-1280
Klasifikasi
M 68 2019
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Vol. XIV No. 12 Desember 2019
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this