Image of MAJALAH FOODREVIEW INDONESIA Vol. XIV No. 8 Agustus 2019

MAJALAH CETAK

MAJALAH FOODREVIEW INDONESIA Vol. XIV No. 8 Agustus 2019



Pada industri makanan, seperti halnya industri lainnya, faktor pendorong utama inovasi umumnya adalah kemajuan teknologi dan perubahan tuntutan (kebutuhan dan keinginan) konsumen. Kemajuan teknologi pangan telah memungkinkan industri menghasilkan produk pangan dengan lebih aman, bermutu dan bernilai gizi lebih baik, mempunyai umur simpan yang lebih lama, serta memberikan aspek kenikmatan yang lebih tinggi, misalnya. Namun, itu saja tidak cukup. Buktinya, banyak produk pangan baru yang secara teknologi mumpuni tetapi kenyataannya gagal ketika diluncurkan ke pasaran. Kegagalan ini terutama disebabkan keberadaan produk tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Perubahan kebutuhan dan keinginan konsumen ini haruslah melatarbelakangi inovasi industri pangan. Hanya industri yang melakukan inovasi dengan tepat
sajalah yang akan mampu memenangkan kompetisi yang sangat ketat. Kompetisi mengharuskan industri pangan secara terus-menerus melakukan pengembangan dan memformulasi ulang produk-produknya untuk memenuhi dan menyesuaikan dengan perubahan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Saat ini, faktor penting yang sangat memengaruhi perubahan kebutuhan dan keinginan konsumen adalah dalam bidang keamanan dan kesehatan. Untuk dapat mengembangkan dan memformulasi ulang produk-produknya maka diperlukan adanya bahan-bahan atau ingridien yang tepat. Pertama dan utama, ingridien yang digunakan harus memenuhi persyaratan peraturan keamanan yang diberlakukan oleh lembaga berwenang; baik secara nasional dan internasional.

Selanjutnya; terdapat dua pendekatan untuk memformulasikan produk pangan yang lebih menyehatkan. Pertama, mengganti, mengurangi atau menghilangkan ingridien yang dianggap menjadi penyebab permasalahan kesehatan (ingredients of public health concern) – seperti gula, garam, dan lemak. Kedua, menambahkan ingridien yang memberikan manfaat gizi dan kesehatan. Tantangannya adalah, dalam melakukan hal itu, industri perlu memastikan bahwa produk pangan yang dihasilkan tetap harus menarik dan enak untuk dikonsumi.

Dalam hal ini, perlu ketepatan dalam hal memilih ingridien. Perlu ada informasi mendalam mengenai ingridien yang ada. Saat memilih, jelas sangat penting informasi tentang ingridien dan pengaruhnya terhadap keamanan, gizi, kesehatan, rasa, dan aspek penting lain dari produk pangan yang dihasilkan. Industri juga harus mempertimbangkan bagaimana perubahan yang terjadi pada ingridien tersebut selama proses pengolahan, penanganan, distribusi, dan tahap penyajian di rumah tangga, sampai akhirnya dikonsumsi oleh konsumen. Ingredient Insights.

Bahkan, belakangan ini konsumen juga menuntut supaya proses produksi, transportasi, distribusi ingridien tersebut tidak berkontribusi terhadap pemanasan global. Demikian juga, apakah ingridien tersebut melindungi keanekaragaman hayati dan ekosistem? Itulah tantangan industri pangan termasuk industri ingridien pangan.

Untuk itu, Foodreview Indonesia edisi kali ini akan membahas beberapa hal terkait dengan ingridien produk pangan. Semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat dan menjadi referensi dalam meningkatkan daya saing produk dan industri pangan Indonesia.

DAFTAR ISI
Forum
Food info-lintas pangan

OVERVIEW
Tantangan Pembatasan Merek & Penggunaan Kemasan Polos
Produk Pangan untuk Lanjut Usia
Aspek Gizi Pangan untuk Lanjut Usia

Asosiasi
Mendorong Pertumbuhan Inklusif Melalui IDF 2019

Ingridien
Fermentasi Lanjut Biji Kakao
Unlocking Indonesian Spices Through Art and Technology

Tren dan Peluang Produk Dairy
Menjawab Kebutuhan Konsumen Melalui Innovative Ingredients
Hit the Heat New wave of spicy

Regulasi
Peraturan Registrasi Pangan Olahan
Kriteria Pelabelan Pangan Olahan


Ketersediaan

M63Q1M 63 2019RAK KOLEKSI BUKUTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - TIDAK DAPAT DIPINJAMKAN

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M 63 2019
Penerbit PT Media Pangan Indonesia : Bogor.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1907-1280
Klasifikasi
M 63 2019
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Vol. XIV No. 8 Agustus 2019
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this