No image available for this title

MAJALAH CETAK

MAJALAH FOODREVIEW INDONESIA Vol. XIV No. 1 Januari 2019



Halal: Food Challenges (Opportunities) 2019

Industri pangan selalu penuh dengan tantangan. Banyaknya tantangan inilah yang membuat industri pangan menjadi bergairah, karena tantangan pada umumnya akan melahirkan peluang.

Secara nasional, industri dan masyarakat pangan Indonesia, memasuki tahun 2019 ini akan dihadapkan pada dua tantangan besar; yaitu berkaitan dengan (i) UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH) dan (ii) Permenkes (Peraturan Menteri Kesehatan) RI No. 63 (2015) tentang Perubahan atas Permenkes No. 30 (2013) tentang Pencantuman Informasi Kandungan Gula, Garam, dan Lemak serta Pesan Kesehatan untuk Pangan Olahan dan Pangan Siap Saji.

Mengenai UU JPH (UU No. 33, 2014), dipersyaratkan bahwa produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib berserti kat halal (Pasal 4), serta kewajiban berserti kat halal bagi produk yang beredar dan diperdagangkan di wilayah Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 mulai berlaku 5 (lima) tahun terhitung sejak diundangkan; yang berarti berlaku mulai pada bulan Oktober tahun ini, 2019. Sedangkan mengenai Permenkes, juga memberlakukan Pencantuman Informasi Kandungan Gula, Garam, dan Lemak serta Pesan Kesehatan untuk Pangan Olahan dan Pangan Siap Saji mulai 2019, juga tahun ini.

Tahun 2019 juga merupakan tahun politik bagi Indonesia. Secara politis, konsumen dan masyarakat Indonesia juga mempunyai perhatian besar terhadap aspek “kemandirian” dan “kedaulatan” pangan. Dari mana datangnya bahan baku dan ingridien lain yang digunakan oleh industri untuk menghasilkan produk pangan menjadi lebih sering dipertanyakan.

Hal-hal tersebut tentu merupakan tantangan (yang berarti juga peluang) khas bagi industri pangan di Indonesia dalam menghadapi tahun 2019 ini. Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan sumber daya pangan. Industri perlu merasa tertantang untuk memunculkan peluang baru eksplorasi dan pemanfaatan aneka bahan lokal; untuk memenuhi tuntutan tentang “kemandirian” dan “kedaulatan” pangan. Karena itu, sudah selayaknya bahwa eksplorasi dan pengembangan bahan baku lokal potensial untuk pangan perlu mendapat dukungan.

Indonesia jelas mempunyai penduduk dengan mayoritas beragama
Islam, dengan tradisi agama yang sangat kuat. Hal ini tentunya mempunyai keunggulan dalam pemastian mengenai kehalalannya. Karena alasan itu, FOODREVIEW Indonesia kali ini lebih memfokuskan ulasannya pada kesiapan Indonesia dalam mengembangkan industri pangan halal; terutama untuk membantu mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang besar ini.

Semua aspek ini jelas perlu dimanfaatkan dan dikelola dengan baik, sehingga menjadi peluang tumbuh dan memenangkan kompetisi. Dengan meramu segala aspek ini, termasuk aspek sosial, budaya dan ekonomi, industri pangan Indonesia berpeluang besar untuk meningkatkan daya saingnya secara global. Serta dengan memanfaatkan prakarsa Kementerian Perindustrian yang mendorong industri pangan sebagai sektor prioritas bagi Indonesia untuk masuk ke industri 4.0, maka peluang itu tentu akan semakin besar.

Untuk itu, diperlukan komitmen dan prakarsa sinergis berbagai pihak, yaitu pihak pemerintah, industri, akademisi, dan masyarakat.

Selamat tahun baru 2019.

Daftar Isi

Forum
Food info-lintas pangan

OVERVIEW
Jaminan Produk Halal, Seberapa Siapkah?
Kehalalan Ingridien Pangan
Melirik Pangan Halal di Daratan Eropa
Agroindustri 4.0: Sistem Rantai Nilai Pangan Berkelanjutan Berbasis Kearifan Lokal

ASOSIASI
Outlook 2019 Industri Pangan Jadi Kunci Pertumbuhan Ekonomi

INGRIDIEN
Daun Kopi: Potensi yang Menjanjikan
Modi kasi Cita Rasa Pahit dalam Produk Pangan

Teknologi
Potensi Clean Meat untuk Pemenuhan Pangan Masa Depan


Ketersediaan

M51Q1M 51 2019RAK KOLEKSI BUKUTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - TIDAK DAPAT DIPINJAMKAN

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M 51 2019
Penerbit PT Media Pangan Indonesia : Bogor.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1907-1280
Klasifikasi
M 51 2019
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Vol. XIV No. 1 Januari 2019
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this