Image of Pendidikan Agama Islam untuk perguruan tinggi

BUKU TEXT KOLEKSI PERPUS

Pendidikan Agama Islam untuk perguruan tinggi



Secara konstitusional, Pendidikan Agama Islam merupakan bagian integral dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan nasional yang bersifat sistemik dan berkelanjutan agar peserta didik menjadi orang-orang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia, sebagaimana amanat yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan

Nasional. Undang-Undang di atas secara tegas menyebutkan bahwa tujuan pendidikan nasional diarahkan pada pembentukan empat aspek, yaitu: aspek religius, aspek moral, aspek intelektual, dan aspek kebangsaan. Ke semua aspek itu diwujudkan dalam rangka membentuk manusia yang utuh dan paripurna (insankamil). Pendidikan Agama Islam mengambil peran utama dalam membina aspek religius dan aspek moralitas.

Visi diajarkannya Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi adalah agar terbentuk mahasiswa yang memiliki kepribadian utuh (kaffah) dengan menjadikan ajaran Islam sebagai landasan berpikir dan berperilaku dalam pengembangan kepribadian, keilmuan, dan profesinya. Sedangkan, Misi diajarkannya Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi adalah untuk mengembangkan potensi keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia mahasiswa, dengan menjadikan ajaran Islam sebagai landasan berpikir dan berperilaku dalam pengembangan keilmuan, profesi, kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Buku Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi ini ditujukan sebagai sarana untuk mewujudkan visi dan misi diajarkannya Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi tersebut. Agar dapat mewujudkan visi dan misi dimaksud, buku ini disusun dengan organisasi substansi materi sebagai berikut:

Bab I Mengapa dan Bagaimana PAI Diajarkan di Perguruan Tinggi
Bab II Bagaimana Manusia Bertuhan
Bab III Bagaiamana Agama Menjamin Kebahagiaan
Bab IV Mengintegrasikan Iman, Islam, dan Ihsan dalam Membentuk Insan kamil
Bab V Bagaimana Membangun Paradigma Qurani
Bab VI Bagaimana Membumikan Islam di Indonesia
Bab VII Bagaimana Islam Membangun Persatuan dalam Keberagaman
Bab VIII Bagaimana Islam Menghadapi Tantangan Modernisasi
Bab IX Bagaimana Kontribusi Islam dalam Pengembangan Peradaban Dunia
Bab X Bagaimana Peran dan Fungsi Masjid Kampus dalam Pengembangan Budaya Islam
Bab X Bagaimana Pandangan Islam tentang Zakat dan Pajak
Melalui buku ini, keseluruhan elemen tujuan Pendidikan Agama Islam diorganisasikan sebagai pengalaman belajar (learning experiences) berbasis kompetensi inti dan kompetensi dasar dengan menggunakan kerangka kerja saintifik, yakni: (1) mengamati/menelusuri konsep dan teori; (2) menanya; (3) mengumpulkan informasi / data; (4) menalar/membangun argumentasi; dan (5) mendeskripsikan / mengomunikasikan hasil penalarannya; yang dirumuskan secara adaptif sesuai dengan konteksnya.


Ketersediaan

B002090Q1297 IND pRAK KOLEKSI BUKU (4-G.3)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
297 IND p
Penerbit Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-6470-00-3
Klasifikasi
297 IND p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this