Image of Pendidikan agama buddha untuk perguruan tinggi

BUKU TEXT KOLEKSI PERPUS

Pendidikan agama buddha untuk perguruan tinggi



Buku materi Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) Pendidikan Agama Buddha ini disusun sebagai panduan bagi mahasiswa yang mengikuti perkuliahan Pendidikan Agama Buddha di perguruan tinggi umum.

Buku Pendidikan Agama Buddha untuk Perguruan Tinggi ini berisi 9 bab. Bab 1 dimulai dengan kerangka dan isi kitab suci Tripitaka beserta Sutra-Sutra Mahayana. Bab 2 membicarakan makna agama Buddha dan tujuan hidup umat Buddha. Bab 3 berisi tentang hukum-hukum universal agama Buddha. Bab 4 menjelaskan ketuhanan dalam agama Buddha. Bab 5 menjelaskan sila sebagai landasan dan pola hidup umat Buddha. Bab 6 menjelaskan iptek dan seni yang harmonis dengan ajaran agama Buddha serta sesuai dengan budaya nasional. Bab 7 menjelaskan masyarakat Buddha dan konstruksi kerukunan hidup beragama di Indonesia. Bab 8 menjelaskan budaya dan politik Buddha dalam kaitan dengan pergaulan dunia. Bab 9 menjelaskan pengembangan batin (bhavana). Terakhir, bagian kesimpulan memberikan ringkasan keseluruhan isi buku.

Esensi yang terkandung dalam buku ini bukan hanya berisikan ilmu pengetahuan tentang agama Buddha saja, tetapi juga berisikan materi-materi untuk mengembangkan sikap spiritual, sikap sosial, dan keterampilan dalam membangun karakter mahasiswa sebagai kaum intelektual di Indonesia yang peduli terhadap masalah masyarakat, bangsa, dan negara. Materi pendidikan agama Buddha secara konsep membantu pelaksanaan program akademik yang berorientasi pada tercapainya sasaran pembelajaran yang berkualitas. Pendidikan yang dimaksud diharapkan dapat menghasilkan (a) lulusan yang memiliki kualitas intelektual, spiritual, dan kehandalan profesional, serta (b) memiliki komitmen moral dan kepeduliansosial.

Mata kuliah Pendidikan Agama Buddha didesain sedemikian rupa sehingga dapat mencapai Kompetensi Inti 1 sampai 4 yang isinya merujuk pada esensi Tujuan Pendidikan Nasional (UU No. 20/2003), Tujuan Dikti (UU No. 12/2012), KKNI (Permendikbud 73/2013), dan SKL (Permendikbud SNPT). Selain itu, mata kuliah ini didesain untuk memenuhi kompetensi dasar yang dalam konteks KKNI sepadan dengan konsep dan posisi capaian belajar.

Buku materi ini berhubungan dengan tujuan dan sasaran serta capaian dari perkuliahan Pendidikan Agama Buddha yang diharapkan. Dalam pada itu, materi disajikan dengan perubahan paradigma yang selama ini berbasis content based menuju paradigma process based.


Ketersediaan

B002089Q1294.3 IND pRAK KOLEKSI BUKU (4-F.3)Tersedia
B002089Q2294.3 IND pRAK KOLEKSI BUKU (4-F.3)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
294.3 IND p
Penerbit Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-70089-7-7
Klasifikasi
294.3 IND p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this