Image of Antropologi komunikasi

BUKU TEXT KOLEKSI PERPUS

Antropologi komunikasi



Sinopsis
Dalam perkembangan interaksi manusia, setiap aksi melahirkan kata-kata tertentu. Sebagian kata juga dibentuk berdasarkan sifat aksi yang dilakukan. Dari kata-kata yang terus berkembang dan bertambah seiring banyaknya interaksi manusia kemudian kata-kata tersebut menjadi bahasa sebagai sarana
sebagai sarana komunikasi verbal bagi manusia dalam menyampaikan pesan atau memberikan suatu pemahaman mengenai suatu hal. Kata terwujud dari adanya suatu pemahaman yang sama dalam mengartikan suatu benda atau simbol tertentu. Kata itu disepakati menjadi suatu kata yang digunakan bersama atau kata yang memiliki arti yang sama.
Persoalan penting dalam antropologi komunikasi adalah upaya mempelajari komunikasi dengan kerja lapangan, yaitu melalui pengamatan yang menyatu dengan subjek penelitian. Orientasi kerja berdekatan dengan makna yang diinterpretasikan dalam konteks kehidupan sehari-hari. Demikian pula, upaya pemahaman makna yang terkandung dalam teks sebagai bentuk komunikasi. Proses pemaknaan teks akan dikaitkan dengan konteksnya. Ada tujuh tradisi ilmu komunikasi: (1) tradisi semiotika; (2) tradisi fenomenologi, (3) tradisi cybernetic; (4) tradisi psikologi sosial; (5) tradisi sosial budaya; (6) tradisi kritis; dan (7) tradisi retorika. Prinsip utamanya adalah cara menggunakan simbol yang tepat dalam menyampaikan maksud.
Dalam konteks itulah, buku Antropologi Komunikasi ini dapat memberikan wacana tentang perkembangan teknologi komunikasi tradisional sampai teknologi modern. Antropologi komunikasi memperjelas berbagai jenis media teknologi komunikasi, sebagai media pendukung proses komunikasi. Penyajiannya diawali dari pemahaman antropologi sosial budaya sebagai akar ilmu komunikasi, konsep dasar antropologi komunikasi, dan konstribusi antropologi terhadap komunikasi. Kemudian, berturut-turut membahas teori tanda dan bahasa, realitas budaya, interpretasi budaya, mitos, ritus kebudayaan, dan komunikasi antarbudaya. Pada bagian akhir dilengkapi dengan model penguatan budaya komunikasi dan media komunikasi efektif dalam memajukan peradaban.


Ketersediaan

B002070Q1301 SAM aRAK KOLEKSI BUKU (4-F.2)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
301 SAM a
Penerbit Pustaka Setia : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-076-600-6
Klasifikasi
301 SAM a
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this