Image of Penyelesaian sengketa kesehatan

BUKU TEXT KOLEKSI PERPUS

Penyelesaian sengketa kesehatan



Sebagai makhluk monodualisme, manusia harus selalu menjaga keseimbangan antara dirinya sebagai individu dan sebagai makhluk sosial. Fenomena sosial yang terjadi saat ini telah mengubah peradaban manusia pada penghargaan diri atau pengakuan terhadap otoritas individu. Dampak dari kebutuhan akan pengakuan tersebut adalah timbulnya konflik yang bisa muncul kapan dan di mana pun. Kapasitas konflik dimulai di tingkat pribadi, keluarga, hingga masyarakat, negara ataupun dunia. Konflik tentu tidak menguntungkan ditinjau dari aspek budaya maupun kehidupan bermasyarakat, karena itulah sedapat mungkin dicari solusinya.

Dalam pelayanan kesehatan, konflik dapat terjadi antarteman sejawat tenaga kesehatan, tenaga kesehatan dengan pasien, maupun dengan lembaga rekanan. Kita tidak dapat mengelakkan bahwa perubahan dan perkembangan budaya mengubah pola hidup manusia sehingga mengarah pada sifat individualistis, arogan, dan egois. Hal itu melemahkan semangat kebersamaan dan kegotongroyongan. Kehidupan dengan sifat baru inilah yang memicu mudah terjadinya konflik atau sengketa.

Daftar Isi:
Bab 1 Sengketa Pelayanan Kesehatan
Bab 2 Regulasi Kesehatan
Bab 3 Legal Formal Komunikasi Kesehatan
Bab 4 Regulasi Penyelesaian Sengketa
Bab 5 PERMA Nomor 1 Tahun 2008
Bab 6 Pengantar Konflik Kesehatan
Bab 7 Teknik Mediasi Kesehatan
Bab 8 Standard Operating Procedure (SOP) Perawatan
Bab 9 Standar Kompetensi Tenaga Kesehatan
Bab 10 Dokumentasi Mediasi Kesehatan
Bab 11 Forensik dan Penyelesaian Sengketa Medis
Bab 12 Pembuatan Akta Perdamaian Sengketa Kesehatan

FITUR-FITUR BUKU

* Dalam buku ini disajikan realitas sengketa pelayanan kesehatan yang saat ini tengah terjadi dalam dunia pelayanan kesehatan di Indonesia.
* Fenomena fakta-fakta yang ada di Indonesia dalam kotak studi kasus diharapkan dapat membantu pembaca dalam memecahkan permasalahan yang ada terkait dengan sengketa pelayanan kesehatan.
* Esai dan Pilihan Ganda di akhir masing-masing bab dari buku ini disertai dengan esai yang berbentuk soal uraian dan permasalahan dalam bentuk pilihan berganda yang disajikan secara komprehensif sebagai poin kritis untuk memastikan bahwa pembaca memahami isi buku.
* Teks dalam buku ini mencakup banyak keistimewaan yang dirancang untuk meningkatkan minat pembaca dan membuat teks tersebut mudah untuk dibaca dan dipahami. Beberapa keistimewaan dalam buku ini disebut sebagai Inovasi Pedagogis yang terdapat dalam setiap bab, antara lain berupa tujuan instruksional umum, tujuan instruksional khusus, deskripsi bab beserta bab sebelum dan sesudahnya, realitas terkait topik, tinjauan bab, kutipan penjelas atau data dalam paragraf, materi inti, esai, pilihan ganda dan kotak diskusi kasus, serta penyajian halaman yang menarik. Seluruhnya dilihat dalam perspektif nasional dan internasional.
* Pemikiran Kritis, teks dalam buku ini menyajikan banyak kasus, masalah analisis tentang sengketa pelayanan kesehatan dan upaya perdamaiannya yang melibatkan etika atau keahlian diri (personal) untuk meningkatkan keahlian berpikir kritis.


Ketersediaan

B001981Q1344.04 BAS pRAK KOLEKSI BUKU (4-F.4)Tersedia
B001981Q2344.04 BAS pRAK KOLEKSI BUKU (4-F.4)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
344.04 BAS p
Penerbit Salemba Medika : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-8570-77-0
Klasifikasi
344.04 BAS p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this