Image of Perjalanan dan nasib obat dalam badan

BUKU TEXT KOLEKSI PERPUS

Perjalanan dan nasib obat dalam badan



Buku ini berisi uraian mengenai perja­lanan obat dalam badan dan bagaimana obat yang digunakan itu mengalami peristiwa pengaruh badan terhadap obat.

Banyak disiplin ilmu terkait dalam peristiwa tersebut antara lain: 1. biofar­masi, 2. farmakokinetik, 3. farmakodina­mik, dan 4. kimia obat.

Bentuk sediaan obat dengan zat aktif akan mengalami fase biofarmasetik—ter­jadi ketersediaan farmasi dimana zat aktif siap diabsorpsi—selanjutnya mengalami fase farmakokinetik—terjadi ketersediaan hayati dimana zat aktif dapat memberi efek—dan akhirnya obat akan mengalami fase farmakodinamik—terjadi interaksi dengan reseptor badan di tempat kerja—, dimana efek terapi yang dikehendaki terjadi.

Banyak faktor-faktor formulasi dapat mengubah efek obat. Di dalam badan terdapat beberapa ribu enzim yang bekerja sebagai katalisator reaksi dan substrat. Beberapa obat yang digunakan dalam kli­nik berusaha bereaksi dalam badan untuk menghambat enzim sasaran. Obat tersebut disebut antimetabolit atau inhibitor enzim, sebagai contoh obat anti bakteri, antikan­ker seperti Trimetoprin dan Metotreksat. Hal-hal tersebut diuraikan dalam buku ini.

Buku ini disusun berdasarkan penga­laman selama menjalankan tugas menga­jar dan merupakan bunga rampai bacaan seperti tercantum dalam daftar pustaka


Ketersediaan

B001808Q1615.1 ANI pRAK KOLEKSI BUKU (2-H.1)Tersedia
B001808Q2615.1 ANI pRAK KOLEKSI BUKU (2-H.1)Tersedia
B001808Q3615.1 ANI pRAK KOLEKSI BUKU (2-H.1)Tersedia
B001808Q4615.1 ANI pRAK KOLEKSI BUKU (2-H.1)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
615.1 ANI p
Penerbit UGM Press : YOGYAKARTA.,
Deskripsi Fisik
107 hlm. ; 25 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-420-177-4
Klasifikasi
615.1 ANI p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this