Image of Epidemiologi : Seni melacak sebab akibat

BUKU TEXT KOLEKSI PERPUS

Epidemiologi : Seni melacak sebab akibat



Motivasi untuk menulis buku ini dipicu oleh beberapa hal. Dalam banyak kesempatan, sebagai konsultan penelitian, penulis menemukan minat yang luar biasa dari para peneliti untuk meneliti masalah sebab-akibat. Menurut perkiraan penulis, penelitian yang berkaitan dengan sebab-akibat mencapai 75% dari jumlah penelitian. Namun, tingginya minat untuk meneliti sebab-akibat sering kali tidak ditunjang oleh pemahaman mengenai sebab-akibat. Hal ini wajar karena dalam disiplin epidemiologi, topik sebab-akibat termasuk topik yang sulit karena sering kali bersinggungan dengan pembahasan dari sudut pandang filsafat. Penulis merasa termotivasi untuk menulis buku yang akan menjadi pintu gerbang bagi pembaca untuk memahami sebab-akibat.

Motivasi selanjutnya karena topik sebab-akibat adalah salah satu topik yang harus penulis sampaikan dalam mata kuliah metode penelitian, evidence based medicine, biostatistik, dan epidemiologi. Dari sekian banyak topik kuliah, topik ini adalah topik yang belum ada rujukannya dalam Bahasa Indonesia. Penulis berharap, dengan adanya buku ini, mahasiswa yang mengambil topik ini dapat lebih mudah memahami masalah sebab-akibat.

Motivasi yang benar-benar memicu penulis untuk segera menyelesaikan buku ini adalah setelah penulis menyaksikan acara Indonesia Lawyer’s Club, 10 Juli 2012. Acara tersebut membahas regulasi tentang rokok. Salah satu hal yang diperdebatkan mengenai pengaruh rokok terhadap kesehatan. Penulis menyaksikan bahwa argumen-argumen yang disampaikan beberapa peserta adalah argumen yang lemah. Penulis mengkritik argumen tersebut melalui tulisan yang berjudul Kekonyolan Cara Berpikir: “Saya dan Teman Saya”. Tulisan ini saya unggah di notes facebook yang kemudian di-share di Grup Kajian Kedokteran Islam. Naskah tersebut kemudian dipublikasikan dalam Buku Bunga Rampai Kedokteran Islam: Menghimpun Pemikiran yang Terserak (Celtics Press, 2013). Boleh dikatakan, buku ini adalah penjabaran dari tulisan tersebut.


Ketersediaan

B001662Q1614.4 DAH eRAK KOLEKSI BUKU (4-H.3)Tersedia
B001662Q2614.4 DAH eTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
614.4 DAH e
Penerbit Cv Sagung Seto : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xii, 132 hlm. ; 20 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-271-024-0
Klasifikasi
614.4 DAH e
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Seri 14
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this